Skip to main content

The Asia Entrepreneurship Training Program (AETP) adalah suatu program yang diinisiasikan oleh Zürcher Hochschule für Angewandte Wissenschaften (ZHAW – Zurich University of Applied Sciences) dan Eidgenössische Technische Hochschule Zürich (ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology in Zurich) untuk mencari 10 start up di Indonesia dan 10 start up Switzerland untuk diinkubasi dan dipertemukan dengan para Venture Capital. 10 start up dari Indonesia akan dibawa ke Switzerland selama 2 minggu untuk dipertemukan dengan Venture Capital dan stakeholders dari Switzerland dan begitupula sebaliknya, Start up Switzerland akan dipertemukan dengan Venture Capital dan stakeholders dari Indonesia. Tujuan besar dari event ini adalah terjalinnya hubungan kerjasama ekosistem start up dikedua negara.

UMG Idealab, sebagai salah satu lokal partner berlangsungnya acara ini, telah berhasil melakukan babak eleminasi di CHUB UGM Yogyakarta pada tanggal 7 Februari 2019 yang diikuti lebih dari 40 start up dari seluruh penjuru Indonesia seperti Surabaya, Bali, Jakarta dan tuan rumah Yogyakarta. Acara dibuka oleh Lisa Lidawati selaku perwakilan dari CHUB UGM, dilanjutkan oleh Keynote Speech dari Arief Hidayat selaku Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal (BKPM) wilayah Yogyakarta dan dilanjutkan oleh materi mengenai “The Asia Entrepreneurship Training Program” oleh Max Weber selaku AETP Programme Manager – Head of ASEAN, “Pengenalan UMG Idealab dan Rencana Kedepannya” oleh Kiwi Aliwarga selaku founder UMG Group, “Akselerasi Pertumbuhan Perusahaan Melalui Go Public” oleh Aditya Nugraha selaku Operation Manager IDX Incubator dan terakhir “GSI: BEKRAF One Stop Service for Starting up”. Acara Pitching Competition dibagi menjadi 2 sesi dikarenakan banyaknya antusias para start up. Turut menjadi juri, Rony Primanto Hari selaku Kepala Dinas KOMINFO Yogyakarta ditemani oleh Max Weber dan Kiwi Aliwarga. Turut hadir menjadi tamu kehormatan, M Andy Zaky selaku Sekretaris Jenderal MIKTI.

Selain Yogyakarta, proses seleksi juga diadakan di Malang (bekerjasama dengan Kampus STMIK-STIE Asia) dan Jakarta (bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian). Para start up yang terpilih akan diumumkan oleh pihak AETP dan launching program akan diadakan pada 15 Maret 2019 dikedua negara secara bersamaan, Indonesia dan Switzerland.