Sejarah dan Dampak Revolusi Industri di Indonesia

Sejarah dan Dampak Revolusi Industri di Indonesia

Revolusi industri merupakan sebuah perubahan besar dalam peradaban manusia. Perubahan ini cenderung mengarah pada kehidupan yang semakin maju.  Lantas, seperti apa dampak revolusi industri bagi Indonesia? Dan bagaimana sejarah revolusi industri di dunia?

Revolusi industri sendiri adalah masa di mana terjadi perubahan besar-besar di bidang produksi atau industri. Kondisi ini pertama kali terjadi di abad ke-18 hingga abad ke-19 saat sektor-sektor utama industri seperti pertanian, pertambangan, transportasi, manufaktur dan teknologi berubah besar-besaran. Dimana tenaga-tenaga manusia digantikan oleh mesin-mesin dengan teknologi maju.

Beberapa ilmuwan dianggap sebagai pemicu terjadinya revolusi industri antara lain, Francis Bacon, Galileo Galilei dan René Descartes di abad ke-16  Lantaran kondisi ini pula, terjadi perubahan secara masif dalam aspek ekonomi dan sosial di masyarakat dunia, termasuk Indonesia.

 

Revolusi Industri di Indonesia

Indonesia sendiri rupanya terkena dampak dari Revolusi Industri. Perubahan ini terjadi atas peran Hindia Belanda dan Inggris yang kala itu menjajah Tanah Air. Berikut ini beberapa dampak Revolusi Industri bagi Indonesia dalam aspek sosial ekonomi:

  1. Banyak pemodal alias investor asing masuk ke Indonesia sehingga pabrik-pabrik industri pun berdiri di Tanah Air
  2. Keterampilan masyarakat Indonesia bertambah terutama dalam mengelola mesin-mesin industri
  3. Dibangunnya jalur darat di berbagai pelosok Indonesia, agar proses distribusi produk bisa berjalan lancar hingga sampai ke tangan konsumen
  4. Adanya penggolongan buruh berdasarkan kemampuan dan keterampilan, sehingga upah mereka pun berbeda-beda
  5. Seluruh SDA (Sumber Daya Alam) Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produksi. Dengan begitu kemampuan masyarakat Indonesia untuk mengolah dan mengelola SDA-nya sendiri makin meningkat
  6. Munculnya ketidakpuasan di kalangan buruh atas beban pekerjaan yang diberikan majikan

Tak dipungkiri, dampak Revolusi Industri bagi Indonesia cukup beragam dan semua tetap memberikan pengaruh hingga saat ini. Khususnya, pada bidang teknologi yang semakin canggih berkat kehadiran ide-ide baru. Bahkan saat ini, Indonesia pun siap menatap Revolusi Industri 4.0.

 

Revolusi Industri 4.0 Indonesia

Hadir sebagai solusi atas proses produksi yang jauh lebih efektif dan efisien, Revolusi Industri 4.0 mengintegrasikan internet dengan teknologi mesin-mesin otomatis. Dalam penerapannya, revolusi industri 4.0 tidak lagi menggunakan tenaga manusia, karena semua sudah dilakukan oleh mesin otomatis yang terhubung dengan internet.

Melalui revolusi industri 4.0, semua akan saling terhubung antara mesin fisik, sistem produksi dan teknologi digital. Industri digital ini mulai terlihat dari berbagai kehidupan masa kini yang serba online. Dampak revolusi industri bagi Indonesia bisa berimplikasi secara positif, asalkan bisa memanfaatkan maka perekonomian juga akan semakin meningkat dan jauh lebih baik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *