Pengertian dan Cara Kerja Venture Builder Indonesia

Pengertian dan Cara Kerja Venture Builder Indonesia

Perkembangan teknologi yang makin canggih, membuat pertumbuhan perusahaan-perusahaan rintisan alias startup di Indonesia terus menjamur. Apalagi dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan Venture Capital (VC) dan Venture Builder Indonesia, siapapun kini bisa menjadi seorang pengusaha startup termasuk kamu.

Tunggu, memang Venture Capital dan Venture Builder (VB) itu berbeda?

Tentu saja! Nah supaya kamu makin paham, ulasan berikut ini akan sangat penting dipahami. Terutama kalau kamu ingin menjadi seorang pebisnis startup.

 

Pengertian Venture Builder

Secara mudahnya, Venture Capital merupakan perusahaan atau lembaga yang bertujuan memberikan pendanaan alias modal kepada perusahaan-perusahaan startup. Di mana seluruh sumber dana yang dimiliki VC itu berasal dari para LP (Limited Partners) yang terdiri dari investor individu super tajir, instansi perbankan hingga BUMN milik pemerintah.

Sementara itu Venture Builder adalah perusahaan alias entitas yang menampung sumber daya, modal sekaligus sarana bagi kamu yang ingin memulai sebuah startup. Sehingga dengan keberadaan Venture Builder Indonesia ini, kamu bisa membangun perusahaan rintisan dengan lebih efisien sesuai dengan ide-ide yang sudah dicetuskan oleh pihak internal VB.

Seperti yang kamu tahu, membangun startup bukanlah sebuah kisah indah semalam suntuk. Di dalam prosesnya, ada banyak sekali ide-ide liar yang dicetuskan. Nah, supaya perusahaan rintisan ini bisa fokus berkembang, Venture Builderhadir memberikan ide-ide selektif dengan peluang yang tentunya lebih besar bagi para pengusaha startup.

 

Cara Kerja Perusahaan Venture Builder

Melihat pengertian yang sudah dibahas sebelumnya, terlihat jelas bahwa perusahaan Venture Builder Indonesia ini jelas berbeda dengan perusahaan-perusahaan inkubator. Di mana perusahaan inkubator kebanyakan bekerjasama dengan pihak luar, untuk mendorong perkembangan sebuah startup dan seolah tampil sebagai ’konsultan’.

Sedangkan Venture Builder, seluruh ide dan sumber daya yang dipakai berasal dari perusahaan dan sama sekali tidak menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Yang membuat keberadaan VB sangat penting adalah mereka akan terus-menerus mengembangkan banyak perusahaan startup dan proyek sekaligus. Sebagai pengendali utama, VB menyiapkan anggota tim dan modal.

Jika kamu pernah menonton serial drama Korea STARTUP, Sandbox yang menaungi Samsan Tech, perusahaan milik Nam Do San (Nam Joo Hyuk) itu bisa disebut sebagai Venture Builder. Di mana tak hanya Samsan Tech, ada banyak sekali perusahaan rintisan yang berkembang dan memperoleh modal dari Sandbox. Lantas darimana Sandbox mendapat modal? Dari Venture Capital, seperti yang dipimpin oleh Han Ji Pyeong (Kim Sun Ho).

Kembali lagi ke pembahasanVenture Builder Indonesia. Untuk cara kerjanya sendiri, meskipun berada di bawah naungan VB, setiap startup bebas memilih nama dan logonya masing-masing. Hanya saja VB bertindak sebagai pemegang saham ekuitas terbesar dan satu-satunya yang membuat VB mempunyai kepemilikan mutlak sebagai perusahaan induk.

 

Mengintip Venture Builder di Indonesia

Di Indonesia sendiri, keberadaan Venture Builderrupanya juga sudah mulai muncul. Salah satunya adalah UMG Idealab. UMG Idealab merupakan perusahaan Venture Capital dan sekaligus Venture Builder yang telah mendanai sekitar 60 perusahaan rintisan. Setengah dari 60 startup yang didanai berada di tanah air, sedangkan lainnya tersebar ke Myanmar, Thailand, dan China.

Fokus UMG Idealab sendiri pada pembangunan model bisnis media sosial, e-commerce dan fintech. Sejumlah startup dibawah UMG Idealab juga banyak mengikuti ajang inovasi teknologi berskala internasional dan salah satunya berhasil mendapatkan penghargaan di ajang pameran teknologi @hannover_messe 2020 di Jerman.

Melihat apa yang ditawarkan oleh sebuah VB, kehadiran Venture Builder Indonesia tentu akan sangat membantu para generasi milenial atau gen Z yang berhasrat menjadi pebisnis startup. Asalkan kamu punya ide yang segar dan punya profit besar dalam jangka panjang, kamu bisa mengembangkan perusahaan tersebut di bawah naungan VB berkualitas.