Modal Ventura: Pengertian, Perusahaan, dan Jenis-Jenisnya

Modal ventura merupakan salah satu modal yang sangat dibutuhkan bagi perusahaan rintisan (startup). Modal ventura tentu saja berguna bagi pengembangan  bisnis termasuk pembiayaan operasional. Maka tak heran, jika sekarang ini banyak pencetus startup berlomba-lomba ‘menyodorkan’ proposal guna mendapatkan modal tersebut.

 

Apa itu Modal Ventura?

Modal ventura merupakan investasi pendanaan dalam bentuk penyertaan modal pada sebuah perusahaan swasta. Dana yang diberikan utamanya dalam bentuk uang tunai. Hampir sebagian startup di Indonesia yang telah sukses, tak lepas dari dukungan modal ventura tersebut. 

Mendapatkan modal ventura tentulah tidak mudah. Investor tidak akan cuma-cuma menggelontorkan dananya kepada perusahaan yang tidak memiliki proyeksi bisnis yang jelas. Umumnya, para investor akan lebih dulu menghitung risiko dan memahami proyeksi bisnis yang sedang dijalankan.

Oleh karenanya, sebelum investor memberikan pendanaan, terdapat proses penjajakan yang cukup panjang. Salah satunya dengan presentasi singkat (pitch deck) yang dilakukan perusahaan untuk menjelaskan produk dan strategis bisnis ke depan.

 

Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan modal ventura adalah kelompok atau badan usaha yang memberikan pembiayaan modal kepada perusahaan swasta. Nantinya, perusahaan akan menerima pembiayaan untuk jangka waktu tertentu.

Sebagai investor, tentu mereka berhak mendapat keuntungan, ketika startup yang dipilih menuai laba usaha. Lantaran uang yang digelontorkan dalam jumlah besar, pemberi modal ventura jelas bukan milik perorangan. Terdapat LP (Limited Partners) yang berasal dari investor-investor individu dengan jumlah uang selangit, dana investasi perbankan dan lembaga keuangan lain.

Investor jelas tak bisa sembarangan dalam memberikan dana sebab potensi kerugian startup sangatlah tinggi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hanya perusahaan rintisan yang mampu balik modal dalam waktu cepat dan meraup untung signifikan saja yang akan disuntikkan modal ventura.

 

Jenis-Jenis Modal Ventura

Modal ventura sendiri terbagi dalam tiga jenis yaitu berdasarkan cara pemberian dana, cara menghimpun dana, dan berdasarkan kepemilikan dana. Berikut penjelasan lebih detil tentang jenis modal tersebut.

 

1. Berdasarkan Pemberian Dana

Jenis modal ventura berdasarkan cara pemberian dana diperoleh dari investor. Jenis ini terbagi lagi menjadi dua bagian yakni bantuan manajemen dan juga bantuan finansial.  Dari pemberian kedua jenis bantuan ini maka terdapat dua jenis bantuan, yaitu:

 

  • Single Tier Approach

Single tier approach merupakan perusahaan yang menampung dana. Di sini, mereka juga mengelola dana tersebut untuk diinvestasikan ke dalam bentuk penyertaan modal di suatu perusahaan pasang usaha.

 

  • Two Tier Approach

Sementara, two tier approach merupakan modal yang dihimpun oleh dua badan usaha maupun terpisah. Mereka adalah suatu perusahaan sebagai penyedia dana ataupun fund company dan satunya sebagai management company. Management company akan bertindak mengelola dana dari fund company.

 

2. Berdasarkan Cara Penghimpunan

Jenis modal ventura ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu  equity venture capital.dan leverage venture capital.

 

  • Equity Venture Capital

Equity venture capital adalah jenis pendanaan yang bersumber dari suatu perusahaan modal ventura. Untuk dana yang dikumpulkan sebagian besar berasal dari modal pribadi.

 

  • Leverage Venture Capital

Leverage venture capital adalah jenis pendanaan yang bersumber dari suatu perusahaan modal ventura. Namun, akan dikumpulkan dalam wujud pinjaman yang berasal dari berbagai pihak.

 

3. Berdasarkan Kepemilikan

Modal ventura berdasarkan kepemilikan dibedakan menjadi empat bagian, yakni:

 

  • Private Venture Capital Company

Private venture capital company merupakan perusahaan yang belum go public. Dengan kata lain, perusahaan ini belum menjual lembaran sahamnya di lantai bursa.

 

  • Public Venture Capital Company

Sementara, public venture capital company adalah perusahaan modal ventura yang sudah menjual lembaran sahamnya di lantai bursa.

 

  • Bank Affiliate Venture Company

Perusahaan modal ventura ini didirikan oleh beberapa pihak bank. Mereka tergolong  mengalami surplus dana atau mempunyai tujuan khusus dalam hal modal ventura.

 

  • Conglomerate Venture Capital

Sedangkan yang terakhir adalah conglomerate venture capital. Perusahaan modal ventura ini dibangun oleh beberapa perusahaan besar.

Itulah tadi penjelasan tentang modal ventura. Kalau Anda membutuhkan modal tersebut, cobalah ajukan kepada perusahaan pendanaan. Siapkan proposal bisnis dan buat pitch deck yang menarik, agar target dana yang diharapkan bisa tercapai.