Skip to main content
UMG Idealab Blog

Mengenal Startup Teknologi Indonesia: Perkembangan dan Tips Memulainya

By 4 August 2021No Comments

Dalam satu dasawarsa terakhir Indonesia dibanjiri oleh kemunculan startup hasil besutan anak bangsa. Startup teknologi Indonesia lahir sebagai tuntutan perkembangan zaman dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern. Berbagai perusahaan startup tersebut pun memberikan layanan yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Lantas, apa sih pengertian startup itu sendiri? Dan bagaimana cara membangunnya?

Pengertian Startup

Secara etimologi, startup diartikan sebagai sebuah proses atau tindakan dalam memulai sesuatu. Sementara, dilansir dari wikipedia, startup sendiri merupakan suatu perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Dengan pengertian tersebut bisa dikatakan startup adalah perusahaan yang tengah dalam tahap pengembangan. Baik pengembangan di sisi produk, target pasar, bentuk pelayanan, maupun model bisnis dan lain-lain. 

Berbicara tentang startup teknologi Indonesia yang menjamur saat ini, tentu tidak lepas dari sejarah awal kemunculan startup. Istilah startup pertama kali berkembang pada masa bubble dot-com di tahun 1998 hingga 2000. Saat itu, banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut, dikarenakan gencarnya perusahaan perintis yang menggunakan website pribadi untuk memulai bisnisnya.

Situasi saat itu kemudian berdampak dengan semakin banyaknya orang mengenal internet sebagai cara baru untuk memulai bisnis. Kata startup lantas mengalami pergeseran makna dan arti sehingga diidentikan dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi. Dan saat itulah startup lahir dan berkembang hingga hari ini.

Perkembangan Startup Teknologi Indonesia

Di Indonesia sendiri perkembangan startup berbasis teknologi terbilang moncer. Indonesia diketahui termasuk dalam ranking lima besar di dunia dengan total startup sebanyak 2.090. Tak hanya itu, beberapa startup Indonesia bahkan berstatus decacorn atau memiliki valuasi di atas 10 miliar dolar AS. Sementara lainnya, ada yang memiliki valuasi 1 miliar dolar AS atau disebut startup unicorn.

Cara Membangun Startup Teknologi 

Melihat kesuksesan tersebut tentu menarik perhatian banyak kalangan ingin membuat startup teknologi Indonesia. Namun, mewujudkannya tak semudah yang dibayangkan. Dalam prosesnya membutuhkan waktu dan strategi yang tepat. Nah, berikut ada beberapa tips membangun startup yang bisa jadi pertimbangan.

Cari solusi untuk sebuah masalah, untuk menciptakan sebuah startup maka bisa diawali dengan mencari suatu masalah dan memberikan solusinya. Tak perlu ribet, cukup lakukan hal sederhana yakni mengandalkan kepekaan diri untuk merasakan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. 

Memiliki SDM yang kompeten di bidang teknologi, setelah menemukan ide dan konsep besar yang ingin dibangun, maka selanjutnya mencari orang yang tepat. Pilihlah orang-orang memiliki keterampilan sesuai kebutuhan, diantaranya wawasan tentang teknologi, internet, web, aplikasi, dan hal terkait lainnya. 

Kenali market bisnis, para startup teknologi indonesia yang sudah populer tentu melakukan research market sebelum menjalankan bisnis. Research market wajib dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentukan market berdasarkan product knowledge startup yang dimiliki. Pelajari semua pola target market seperti kebutuhan, kebiasaan, dan aspek demografi lainnya.

Lihat kompetitor, sebelum benar-benar membangun startup, perhatikan kompetitor lain yang sejenis dengan produk anda. Anda perlu mempelajari bagaimana kompetitor startup teknologi Indonesia lain dalam membangun bisnisnya seperti strategi marketing, content development, penggunaan aplikasi, dan berbagai hal tentang produk mereka. 

Bangun networking, untuk tetap survive dan sustainable, startup juga membutuhkan pihak lain. Gunakan networking untuk membuka peluang kesempatan startup Anda menjadi besar. Berkolaborasi dengan sesama founder startup, programmer, creative content, dan sebagainya.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang perkembangan dan cara membangun startup. Pelajari lebih mendalam tentang teknologi dan aplikasi yang akan memudahkan kita bersaing dalam revolusi industri 4.0. Ayo, buat startup teknologi Indonesia lebih banyak agar semakin dikenal di seluruh dunia.