Mengenal Apa itu Big Data dan Manfaatnya bagi Bisnis

Mengenal Apa itu Big Data dan Manfaatnya bagi Bisnis

Kemajuan teknologi memang membuat manusia saat ini semakin tergantung dengan internet dan tentunya perangkat komputer. Bahkan dalam perkembanganya, perangkat-perangkat lunak alias software itu bisa membantu manusia dalam meringankan kebutuhannya melalui teknologi big data. Memang, apa itu big data?

 

Apa itu Big Data

Dari berbagai literatur mengenai apa itu big data, bisa disimpulkan bahwa ini adalah sekumpulan volume data dalam jumlah besar yang teratur atau tidak dan bisa membantu kegiatan bisnis. Meskipun terdengar mirip dengan DBMS (Database Management System), faktanya big data punya jumlah yang jauh lebih variatif dan besar. Setidaknya ada tiga hal utama dalam big data yakni Volume, Velocity dan Variety yang kerap disebut sebagai 3V.

Sesuai namanya, volume dalam big data ini merupakan data yang punya ukuran dan kapasitas besar. Lalu untuk velocity sendiri merupakan kecepatan transfer data yang memang jadi keunggulan big data. Karena proses pengiriman datanya berlangsung stabil dan efektif, serta bisa diterima real time.

Kemudian terakhir untuk variety memang mengacu pada jenis data yang begitu variatif. Lantaran memakai sistem database SQL, data-data tradisional seperti tulisan, audio dan video bisa tersimpan dengan jauh lebih terstruktur. Meskipun terdengar begitu rumit dan sangat teknik, pada dasarnya big data juga bisa dilakukan secara manual oleh proyek atau bisnis skala kecil seperti sekadar mencatat informasi pribadi konsumen.

 

Manfaat Big Data untuk Bisnis

Nah, setelah Anda tahu pengertian apa itu big data, biasanya pertanyaan yang muncul adalah apa manfaat dari teknologi ini sendiri. Jangan diremehkan, big data ternyata memiliki peran penting dalam proses penyempurnaan sekaligus pengembangan dari sebuah proyek dan tentunya bisnis. Seperti apa? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Temukan Masalah Secara Dini

Berkaitan dengan pengertian apa itu big data di atas, Anda tentu sadar kalau teknologi ini memang bisa menemukan penyebab sebuah masalah secara dini dan tentunya realtime di dalam sistem. Karena dalam big data, semua informasi yang ada bisa diakses tanpa batas. Sehingga saat ada sebuah masalah muncul, software big data yang mayoritas sudah dibekali bahasa pemrograman tingkat tinggi, dapat menemukan solusi.

 

2. Bantu Ambil Keputusan

Tak hanya membantu menemukan masalah dalam sistem bisnis secara real time, big data juga bisa membantu pelaku proyek atau bisnis mengambil keputusan. Hal ini terjadi karena biasanya big data terintegrasi dengan perangkat IoT (Internet of Things) serta AI (Artificial Intelligence). Dengan berbagai teknologi canggih yang dibenamkan, analisis strategi kedepannya akan bisa berlangsung cepat karena informasi yang sangat lengkap.

 

3. Deteksi Kesalahan Teknis dan Non Teknis

Dalam sebuah proyek atau bisnis skala besar, sudah pasti melibatkan banyak pihak dan berbagai macam keputusan. Ada kalanya para pelaku melakukan hal-hal yang menyimpang dari struktur bisnis tapi sulit diketahui, Namun berkat big data, semua hal-hal tak biasa baik teknis atau non teknis bisa ditemukan segera.

 

4. Efisiensi Biaya

Nah, inilah manfaat terakhir dari big data yang tentunya sangat menguntungkan yakni efisiensi biaya. Kenapa bisa begitu? Karena big data mengolah dan mengelola berbagai informasi perusahaan jauh lebih singkat dengan perpindahan data sangat cepat. Kondisi ini jelas membuat kebutuhan sumber daya jauh lebih efektif, efisien dan tentunya hemat.

Tentunya dengan memahami apa itu big data sekaligus manfaat yang ditawarkan, teknologi ini memang sangatlah berguna bagi berbagai sendi kehidupan manusia. Sudah saatnya manusia dan mesin bisa bekerja secara berdampingan dan berkesinambungan, supaya seluruh hal bisa terjadi lebih maksimal.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *