Memahami Karakteristik Perusahaan Multinasional

Memahami Karakteristik Perusahaan Multinasional

Mungkin banyak dari kita tidak asing dengan istilah perusahaan multinasional. Keberadaannya yang tidak lepas dari perkembangan globalisasi memungkinkan adanya bentuk kerjasama di tingkatan internasional.

Bentuk kerjasama ini biasanya mencakup ke kerjasama dalam sektor perdagangan di kegiatan ekonomi antar negara. Maka dari itu, hadirlah berbagai perusahaan yang memiliki skala internasional yang berperan dalam hubungan internasional antar barang tersebut.

Perusahaan multinasional ini memiliki peran yang penting dalam kegiatan ekspor dan impor, transaksi internasional, hingga penanaman modal asing di berbagai negara tujuan. Hingga akhirnya, perusahaan ini bisa memengaruhi keadaan ekonomi dalam suatu negara.

 

Pengertian Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional merupakan perusahaan besar yang berada di berbagai negara industri dan memiliki kantor dari berbagai negara lainnya, biasanya berada di lokasi negara berkembang. Perusahaan yang bergerak di berbagai negara ini adalah perusahaan global maka tentunya akan berdampak pada kondisi politik secara global.

Perusahaan ini secara umum dikembangkan dengan status PT atau status perseroan terbatas di berbagai negara. Tapi, saham yang ada di dalamnya akan dikendalikan oleh perusahaan induk. Saham perusahaan tidak akan didaftarkan dalam bursa saham lokal.

Jika didasarkan pada modal kepemilikan, bergeraknya fungsi dari kebijakan seluruh perusahaan akan tergantung dari kebijakan yang ditetapkan perusahaan induk. Bagian dari manajemen juga harus berasal dari perusahaan induk tersebut.

Perusahan multinasional biasanya akan semakin penting di negara sejak perang dunia ke II. Perusahaan multinasional biasanya berasal dari Amerika Serikat lalu beroperasi di berbagai negara seperti di Jepang, negara-negara Eropa, Selandia Baru, hingga Australia.

Dimulai sejak 1960-an, perusahaan multinasional tidak hanya didominasi oleh negara Amerika Serikat, namun sudah mulai berkembang perusahaan dari Jepang, Eropa, dan berbagai negara industri lainnya. Saat ini perusahaan-perusahaan tersebut juga sudah berkembang di Asia, Afrika, serta Amerika Latin.

 

Karakteristik Perusahaan Multinasional

Beberapa orang mengartikan perusahaan multinasional sama dengan Transnational Corporation atau TNC. Padahal keduanya jelas berbeda. Di bawah ini adalah beberapa uraian singkat tentang bagaimana karakteristik perusahaan multinasional.

 

1. Punya anak perusahaan atau cabang di luar negeri

Seperti namanya yaitu multinasional, perusahaan ini memiliki bisnis di berbagai negara dengan mempunya anak perusahaan di negara lain. Secara umum, produk yang dihasilkan juga akan mengikuti budaya negara setempat supaya lebih mudah untuk dipasarkan.

 

2. Memiliki teknologi yang canggih

Beberapa perusahaan yang memiliki gelar menjadi perusahaan multinasional adalah perusahaan yang besar. Tidak heran jika mereka memiliki teknologi yang cukup canggih. Teknologi yang canggih dan modern ini tentunya akan mendukung perusahaan induk dalam mengawasi perusahaan cabang mereka yang ditempatkan di luar negeri.

 

3. Memiliki kontrol terhadap modal

Perusahaan multinasional juga memiliki kontrol pada modal perusahaan, baik itu modal yang ada di perusahaan induk atau perusahaan cabang. Modal adalah salah satu yang bisa memberikan dampak penting dalam perusahaan. Modal ini akan memberikan kemudahan perusahaan dalam proses pengembangan perusahaan.

 

4. Sistem manajemen dan distribusi dilakukan secara global

Perusahaan multiniasional adalah perusahaan lintas negara, sehingga sistem manajemen dan distribusinya lebih mendunia dan harus dilakukan secara professional. Selain itu target distribusinya juga dilakukan di pasar global.

 

5. Memiliki visi dan misi yang mendunia

Memiliki anak perusahaan dan cabang di berbagai negara membuat perusahaan harus memiliki visi dan misi yang mendunia. Bahkan, cara supaya visi dan misi ini tercapai juga dilakukan secara global. Maka dari itu, apa yang dilakukan perusahaan multinasional ini bisa berpengaruh besar terhadap kondisi global.

 

6. MOE (Multinational Internationally Owned Enterprise)

Perusahaan ini akan mengarah kepada pemilikan usaha dari satu induk perusahaan. Di mana akan dilakukan penyebarluasan berbagai cabang untuk dilakukannya produksi atau perdagangan atau kegiatan usahanya di negara lain.

 

7. MCE (Mutinational (Financial) Controlled Enterprise)

Fokus dari perusahaan multinasional ini lebih dari sekedar permodalan atau pembiayaan. Di dalam MOE dan MCE, kegiatan dari setiap perusahaan yang bergerak akan diawasi oleh lebih dari satu negara.

Bisa disimpulkan kalau perusahaan multinasional merupakan perusahaan besar yang berada di berbagai negara industri dan mempunyai kantor di berbagai negara lain. Biasanya lokasinya berada di negara berkembang.

Karakteristik dari perusahaan multinasional ini juga memiliki anak perusahaan dan cabang di luar negeri dengan teknologi yang canggih dan adanya kontrol terhadap modal. Bila Anda ingin perusahaan yang Anda kelola berkembang menjadi perusahaan multinasional maka Anda perlu memerhatikan pengelolaan uang dalam perusahaan dengan baik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *