Kenali Ciri-Ciri Perusahaan Startup dan Kunci Sukses Membangunnya

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah startup sering terdengar dalam perbincangan komunitas bisnis digital. Perusahaan startup kian populer seiring dengan kemajuan teknologi di tengah masyarakat. Lantas, apa sih itu startup? Dan seperti apa kunci sukses membangunnnya?

 

Apa itu Startup?

Dalam banyak penjelasan, startup merupakan istilah yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Startup atau perusahaan rintisan adalah perusahaan yang baru didirikan dan masih dalam tahap pengembangan untuk mendapatkan target pasar yang tepat. Umumnya, perusahaan startup selalu diidentikan dengan perusahaan berbasis teknologi dan informasi.

Namun, di lain sisi perusahaan yang tidak terkait dengan teknologi bisa juga didefinisikan sebagai perusahaan startup. Perusahaan yang baru dibentuk dan masih dalam fase pengembangan, tentunya memiliki perbedaan sendiri dengan perusahaan yang sudah lama beroperasi.

 

Ciri-Ciri Perusahaan Startup

Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri startup, diantaranya:

  1. Jumlah karyawan yang sedikit (kurang dari 20 orang)
  2. Usia perusahaan masih belia (kurang dari 3 tahun)
  3. Pendapatan perusahaan masih sedikit
  4. Umumnya perusahaan beroperasi melalui platform digital
  5. Umumnya berbasis teknologi
  6. Sedang mencari investor

 

Kunci Sukses Membangun Perusahaan Startup

Membangun perusahaan startup bisa dilakukan oleh siapapun tanpa mengenal latar belakang pendidikan. Namun, umumnya kebanyakan pendiri startup memang memiliki keahlian dan pengalaman lebih dulu dibidang teknologi dan informasi. Setidaknya, mereka memahami layanan produk yang dibuat sebagai solusi permasalahan. Nah, agar tidak salah mengambil keputusan, berikut kunci dasar yang harus dipahami sebelum mendirikan perusahaan startup, antara lain:

 

1. Mengenal Target Pasar

Seorang pendiri startup tentu perlu mengenal target pasar dari produk yang diciptakan. Mereka harus bisa memetakan target pasar yang jelas sesuai dengan produk yang dijual.

 

2. Solutif

Kunci sukses lain mendirikan startup adalah menciptakan produk layanan yang solutif. Di tengah kebutuhan dan permasalahan yang beragam, produk layanan startup harus bisa memecahkan permasalahan tersebut.

 

3. Punya Tim yang Kreatif dan Produktif

Saran berikutnya adalah memiliki tim yang kreatif juga produktif. Pendiri startup harus bisa mencari orang-orang yang memiliki kreatifitas tinggi. Pasalnya, kreatifitas sangat dibutuhkan terutama dalam menemukan solusi dan strategi promosi layanan yang dibuat.

Selain itu, tim dalam sebuah perusahaan juga harus produktif dan konsisten. Karyawan-karyawan direkrut mesti sesuai dengan keahlian bidang masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menjalankan visi misi perusahaan supaya tepat sasaran.

 

4. Jangan Takut Menghadapi Persaingan

Siapapun yang ingin mendirikan startup tak perlu takut menghadapi persaingan. Gunakan strategi yang tepat untuk tetap bertahan menghadapi persaingan dari kompetitor lain. Pastinya, tantangan startup akan lebih ketat di masa depan.

 

5. Adaptasi Tren yang Berkembang

Kunci sukses terakhir dalam mendirikan startup adalah selalu mengadaptasi tren yang berkembang. Hal ini adalah mutlak dilakukan jika startup Anda tidak ingin gulung tikar. Perubahan satu tren ke tren lain yang begitu cepat mempengaruhi konsumsi pasar.

Adaptasi tren terutama teknologi akan lebih mengarah pada efisiensi sehingga perusahaan bisa berjalan optimal. Oleh karenanya, cepat atau lambat kecanggihan teknologi akan mengambil peran dalam pertumbuhan usaha.