Empat start up asal Indonesia, Botika, Svara, Khaira Energy dan Gradana berhasil lolos seleksi Asia Entrepreneurship Training Program (AETP) yang dipelopori oleh Zürich Hochschulen für Angewandte Wissenschaften (ZHAW) atau Zurich University of Applied Science, di Zürich, Swiss.

AETP merupakan program pertukaran start-up antara Indonesia dengan Swiss yang memungkinkan startup dari Indonesia mendapatkan pelatihan teknis dari pihak penyelenggara program, serta berkesempatan untuk mempresentasikan model bisnis start-up kepada perusahaan dan calon investor.

Duta Besar RI untuk Swiss di Bern, Muliaman D Hadad, sangat mengapresiasi upaya kerja sama Indonesia dengan Swiss dimaksud. Muliaman berharap kerja sama tersebut dapat meningkatkan kemampuan Indonesia dalam membangun ekosistem pengembangan startup nasional.

UMG Idealab sangat bangga, 2 dari 4 start up yang berhasil lolos adalah portofolio UMG Idealab yaitu Botika, start up chatbot yang memudahkan enterprises menjawab peluang dari konsumen dan juga Svara, start up yang mendigitalisasikan industry radio. Kedua start up lain adalah Khaira Energy yang membuat solar panel dan energy management dan juga Gradana, peer-to-peer lending khusus untuk property.