Skip to main content
UMG Idealab Blog

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura untuk Startup Baru

By 4 August 2021No Comments

Pernah mendengar tentang modal ventura? Istilah ini sangat penting bagi pelaku usaha atau founder startup. Yup, modal ventura membuka jalan untuk perusahaan rintisan lebih berkembang pesat. Dengan modal tersebut, performa perusahaan bisa lebih meningkat. Lalu, bagaimana cara mendapatkan investasi dari modal ventura? 

Di era digital ini, investasi modal ventura atau venture capital sangat dibutuhkan bagi  perusahaan startup berbasis teknologi. Modal ventura sendiri adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal kepada perusahaan swasta dalam jangka waktu tertentu. Wujud penyertaan modal ini adalah uang tunai yang diberikan kepada perusahaan. Modal ventura memiliki risiko yang sangat tinggi namun imbal balik atau return yang diberikan juga cukup tinggi. Dalam investasi ini biasanya perusahaan juga akan memberikan saham kepada pemodal.

Manfaat Modal Ventura

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mendapatkan investasi dari modal ventura, ada baiknya kalian tahu bahwa investasi ini memiliki manfaat besar bagi sebuah startup. Selain meningkatkan potensi bisnis, dengan adanya kerjasama ini pemasaran produk akan lebih efisien. 

Pada umumnya, kendala bisnis startup ialah keterbatasan dana yang membuat strategi pemasaran berjalan kurang maksimal. Maka dengan mendapatkan modal ventura, perusahaan bisa lebih mengoptimalkan strategi pemasaran produk yang ada. Selain itu, manfaat modal ventura juga dapat membuat likuiditas perusahaan semakin meningkat dan rentabilitas yang baik.

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

Jika memberikan keuntungan bagi perusahaan, maka tidak salahnya apabila perusahaan startup mencari cara bagaimana mendapatkan modal ventura. Berikut ini ada beberapa tips memperoleh modal ventura bagi startup, diantaranya:

  1. Ajuka Business Plan

Cara pertama agar bisa mendapatkan modal ventura adalah membuat business plan (rencana bisnis). Buatlah business plan yang baik untuk diajukan kepada pemodal. Kalian bisa membuat business plan yang berisi tentang usaha yang sedang dirintis. Gunakan gaya bahasa yang baik dan sederhana untuk menjelaskan profil bisnis. Berikan data yang akurat dan lengkap agar pemodal bisa memahami bisnis yang dijalankan sekaligus menghindari kesalahpahaman.

  1. Datang ke Pameran Startup

Cara mendapatkan investasi berikutnya adalah mengunjungi pameran startup. Umumnya, dalam pameran startup atau UMKM akan dihadiri oleh banyak investor yang sedang mencari startup untuk disuntikkan dana. Tak hanya itu, biasanya panita juga akan menyediakan sesi khusus dalam acara yaitu tatap muka langsung dengan investor. Maka di sini, selain bisa mengambil kesempatan untuk memperoleh pendanaan, Anda bisa membangun networking lain untuk meningkatkan performa perusahaan startup.

  1. Due Diligence

Jika proposal bisnis yang Anda ajukan menarik perhatian pihak investor, maka bersiap-siaplah untuk lanjut ke tahap pertemuan. Dalam tahap ini, biasanya Anda akan melakukan presentasi langsung dengan investor. Siapkan fisik dan mental karena proposal bisnis Anda akan diuji oleh investor, dimana nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan menyangkut rencana bisnis dan kemungkinan risiko permasalahan yang akan terjadi. Selanjutnya, Anda harus bisa memberikan jawaban dan penyempurnaan apabila nantinya ada masukan dari investor.

  1. Tanda Tangan Perjanjian Kerjasama

Tahap selanjutnya adalah tanda tangan perjanjian atau kesepakatan kerjasama. Investor dan perusahaan akan saling membuat perjanjian apabila memang dalam tahap uji kelayakan, perusahaan dinyatakan lolos. Keduanya akan menyelesaikan urusan administrasi dan dokumen legalitas yang diperlukan. Dalam kesempatan ini, Anda juga bisa melakukan negosiasi terkait bagi hasil keuntungan dan tanggung jawab atas risiko kerugian yang dicantumkan dalam dokumen perjanjian. Setelah semua selesai, maka investor akan memberikan dana kepada perusahaan Anda untuk digunakan sebagai pengembangan bisnis dan lainnya.