Skip to main content

National University of Sigapore (NUS) Enterprise bekerjasama dengan Alipay telah berhasil menyelenggarakan NUS Enterprise – Alipay Social Innovation yang dimenangkan oleh start up portofolio UMG Idealab, Aruna Indonesia.

Alipay adalah platform pembayaran yang menggunakan teknologi blockchain, artificial intelligence, security dan Internet of Things and computing guna memperkuat ekosistem untuk para unbanked dan underbanked. Sedangkan NUS Enterprise adalah bagian dari NUS yang memerankan peran penting untuk perkembangan inovasi dan kewirausahaan baik secara internal maupun eksternal.

Aruna terpilih berdasarkan teknologi digital yang dapat membantu para nelayan meningkatkan mata pencaharian mereka melalui akses pasar yang lebih adil dengan memotong rantai distribusi yang terlalu panjang. Teknologi dari Aruna dapat memotong biaya transaksi secara dramatis. Nelayan bisa mendapatkan harga jual hingga 20% lebih besar dan pembeli mendapatkan harga 15% lebih murah. Aruna sudah digunakan oleh 1701 kelompok nelayan di 16 provinisi. Selain memotong rantai distribusi, Aruna juga memberikan edukasi kepada para nelayan agar meningkatkan kualitas hasil tangkap nelayan.

Aruna akan menerima hadiah total 60.000 dolar Singapura,sedangkan delapan finalis lainnya dari Singapura, Malaysia dan Indonesia, masing-masing akan menerima hadiah S$10.000 dimana salah satunya adalah MSMB, salah satu portofolio UMG Idealab juga.