Ampuh! Ini Cara Memulai Bisnis Dari Nol Bagi Korban PHK

Ampuh! Ini Cara Memulai Bisnis Dari Nol Bagi Korban PHK

Pandemi Covid-19 memang terasa berat bagi banyak orang. Hampir dua tahun lamanya perekonomian terhantam dan pemulihan berlangsung cukup lambat. Bahkan yang lebih menyedihkan, ada banyak di antara kita yang mungkin jadi korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Solusi terbaik untuk mengatasi kesedihan ini tentu adalah belajar bagaimana cara memulai bisnis agar finansial kembali stabil.

Memang ketika seseorang jadi korban PHK, semangat untuk mencari penghidupan tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi jika di-PHK dalam kondisi keuangan yang memang sedang bermasalah, bisa membuat seseorang tertekan merasa depresi berkepanjangan. Namun Anda harus tahu dan yakin bahwa ada banyak sekali korban-korban PHK yang justru menuai sukses setelah akhirnya memulai bisnis sendiri. Apakah itu sulit?

 

Cara Memulai Bisnis dari Nol

Tentu saja memang tidak semudah yang tertulis. Hanya saja jalan akan selalu ada bagi mereka yang memang berusaha, sehingga membuat korban PHK mampu meraih kesejahteraan finansial yang mungkin jauh lebih baik daripada saat masih jadi karyawan. Bagaimana? Berikut beberapa cara memulai bisnis dari nol yang bisa dilakukan oleh Anda yang kini bernasib sebagai korban PHK.

 

1. Tetapkan Jenis Usaha

Bisa dibilang ini adalah cara memulai bisnis yang paling dasar dan wajib dilakukan siapapun, tak peduli mereka adalah korban PHK atau tidak. Yap, Anda harus menentukan terlebih dulu jenis usaha yang memang menarik. Tak hanya menarik bagi diri sendiri, setidaknya usaha itu juga harus memiliki peluang yang cukup besar secara jangka panjang. Jika Anda memiliki kemampuan dibidang tersebut, maka ini merupakan keuntungan berikutnya.

 

2. Kumpulkan Modal

Setelah menentukan jenis usaha yang memang diminati dan punya pangsa pasar menjanjikan, hal berikutnya yang wajib dipersiapkan sebelum bisnis itu berjalan adalah modal. Sebagai korban PHK, Anda seharusnya berhak atas pesangon dari perusahaan. Nah, setelah mempersiapkan dana darurat dan membayar tanggungan, gunakan sisa pesangon itu sebagai modal. Jika modal memang pas-pasan, bisnis bisa dimulai dari skala kecil.

 

3. Bangun Jaringan Bisnis

Lantaran Anda saat ini sudah mengelola usaha sendiri, tidak ada salahnya untuk membangun jaringan bisnis alias networking. Manfaatkan betul media sosial untuk membangun jaringan ini karena berguna dalam strategi marketing ke depannya. Lebih baik lagi kalau Anda mulai paham pentingnya data konsumen, karena ini akan memberikan efek besar ke perkembangan bisnis di kemudian hari.

 

4. Sabar

Siapapun tentu ingin sukses. Namun wajib diketahui bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa diraih secara singkat. Untuk itulah jika Anda memang ingin belajar cara memulai bisnis dari nol secara benar, sabar adalah kewajiban. Dalam sebuah bisnis, biasanya tiga bulan hingga satu tahun pertama adalah fase kerugian sehingga laba yang diperoleh belum maksimal. Karena itu Anda harus sabar dan fokus mengembalikan modal dulu.

 

5. Selalu Belajar

Dan inilah cara terakhir jika Anda ingin memulai bisnis dari nol dan meraih sukses besar. Yap, wajib membuka diri untuk belajar dari siapapun. Mulai belajar dari isu-isu perekonomian nasional atau global, melihat tren viral di masyarakat, strategi yang menarik di media sosial sampai bagaimana memaksimalkan lini digital marketing. Lantaran selalu belajar inilah, Anda akan bisa memberikan ide-ide baru yang inovatif sehingga produk bisnis mampu bersaing.

 

Bagaimana? Sebetulnya tidak sulit bukan untuk mempelajari cara memulai bisnis dari nol bagi korban PHK? Asalkan Anda menerapkan ulasan di atas dengan tepat, bukan tak mungkin kalau finansial Anda bakal segera bangkit jauh lebih baik lagi. Semangat!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *