Angkasa.news – Tim Sertifikasi Pesawat DKPPU dibawah pimpinan Kasubdit Sertifikasi Pesawat Agustinus, menerima Tim Perancang Electric Multirotor Manned/UAV FROGS didampingi Kolonel Pnb Agung Sasongkojati selaku Paban II Puan Spotdirga TNI AU sekaligus Sesbid Sertifikasi-Lambangja FASI dan Ketua Drone FASI.

Kunjungan dilakukan dalam rangka melaksanakan preliminary meeting sebelum melaksanakan proses sertifikasi dan registrasi untuk pembuatan pesawat tanpa awak/berawak listrik untuk Taxi Udara, Logistik, Survey dan Agrikultur.

Pihak DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara) sangat mendukung upaya FROGS sebagai usaha start up kedirgantaraan dalam negeri pertama yang melaksanakan proses sertifikasi resmi. 

Karena itu pihak DKPPU dalam kesempatan ini memberikan arahan tentang syarat dan prosedur sertifikasi yang benar dan efisien.

Proses desain, pelatihan remote pilot dan ujicoba oleh FROGS selama ini didukung Lanud Adisucipto selaku Ka Fasida DIY dan penanggung jawab pembinaan potensi dirgantara di Yogjakarta dan sekitarnya.

Sementara sertifikasi remote pilot non-komersial dilaksanakan oleh Drone FASI dengan standar CASR 107, dilengkapi background check (SKCK) dan Medical Examination untuk pilot sport/rekreasional.

Semoga upaya FROGS menjadi pelopor industri dirgantara pesawat/wahana listrik berawak/tidak berawak bisa berjalan lancar dengan dukungan dan bantuan dari jajaran DKPPU Ditjenhubud dan jajaran Binpotdirga TNI AU.

FROGS dari Bantul, Yogyakarta ini mengklaim diri sebagai pembuat drone berpenumpang pertama di Indonesia buatan start up. Drone sudah diuji-coba di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (7/3).

Drone FROGS ini disebutkan mampu mengankut dua orang dengan beban 200 kg.

Artikel diambil dari: https://angkasa.news/hot_news/detail/drone-frogs-berpenumpang-buatan-start-up-diterima-dkppu-untuk-sertifikasi-dan-registrasi