6 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula

6 Cara Tepat Mendapatkan Modal Usaha Bagi Pengusaha Pemula

Dalam membangun sebuah usaha tak hanya rencana yang baik, Anda perlu memikirkan tentang modal usaha agar dapat berkembang. Mendirikan usaha dengan modal yang sedikit bukan tak mungkin dilakukan. Namun, dengan menggunakan modal yang lebih besar, maka Anda bisa lebih luas saat akan melakukan pengembangan dan inovasi dalam berbisnis.

Lalu, bagaimana ya cara dalam mencari modal usaha yang tepat?

 

1. Tabungan Pribadi

Cara yang paling mudah dalam mendapatkan modal usaha adalah mengambil dari tabungan pribadi. Anda bisa menyisihkan sedikit gaji setiap bulan. Gaji yang disisihkan ini dapat ditabung dan digunakan dalam memulai sebuah usaha tanpa perlu memikirkan hutang dari pinjaman pihak lain. Namun, dengan cara ini Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendirikan usaha .

 

2. Meminjam Dari Kerabat Dekat

Selain menyisihkan gaji dan menabung, cara lain yang bisa digunakan dalam mendapatkan modal usaha adalah meminjam dari orang terdekat seperti orang tua, sahabat, atau keluarga lainnya. Anda bisa menjelaskan kepada kerabat terdekat tentang ide usaha yang akan Anda lakukan.

Hal ini dilakukan agar kerabat terdekat merasa aman saat meminjamkan modal usaha. Selain itu, katakan pula kalau Anda akan segera mengembalikan modal usaha itu dalam jangka waktu tertentu. Walau terlihat sederhana, Anda perlu hati-hati dan jangan sampai merusak hubungan dengan orang terdekat akibat meminjam uang.

 

3. Menjual Aset

Salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha, Anda dapat menjual aset seperti barang-barang berharga, kendaraan pribadi, atau perhiasan yang dimiliki. Anda juga dapat menggabungkan uang yang berasal dari pinjaman atau tabungan sendiri dengan hasil penjualan aset yang Anda lakukan. Dengan begitu, memulai usaha menjadi lebih cepat untuk dijalankan.

 

4. Mencari Rekan Bisnis

Jika hanya mengandalkan modal sendiri terasa berat, Anda dapat mencari partner bisnis supaya modal yang dimiliki menjadi lebih besar. Ajaklah teman yang dapat dipercaya serta memiliki visi dan minat yang sama dengan ide usaha Anda.

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha dengan teman, Anda juga perlu membahas rencana usaha dengan detail dimulai dari strategi bisnis, pencapaian yang diinginkan, pembagian keuntungan, dan lainnya. Memiliki rekan bisnis yang tepat, Anda juga bisa berdiskusi ide-ide yang baru untuk mengembangkan usaha ke depannya.

 

5. Meminjam Bank

Salah satu pilihan yang biasa dilakukan oleh calon pengusaha adalah meminjam modal usaha ke bank. Ada berbagai kredit yang ditawarkan bank, baik berupa pinjaman atau tanpa agunan.

Biasanya kredit tanpa agunan akan memiliki bunga yang cukup besar. Supaya tidak dikejar-kejar dengan hutang yang lama, ada baiknya Anda mengambil kredit jangka pendek. Dalam meminjam modal usaha, Anda harus memahami dengan baik mengenai bunga dan cicilan yang akan dilakukan. Anda bisa membuat perkiraan lebih dulu tentang dana yang akan dikeluarkan setiap bulan untuk membayar cicilan.

 

6. Dari Konsumen

Poin terakhir, banyak yang mendapatkan modal usaha dari konsumen. Contohnya adalah usaha sablon dan katering. Kedua bisnis ini bisa mendapatkan modal dari pembayaran di awal yang dilakukan oleh konsumen atau yang biasa dikenal seperti pre-order. Uang pembayaran ini bisa digunakan untuk memproduksi pesanan yang sudah dipesan.

Sistem pre order ini jumlahnya bisa Anda tentukan, apakah dalam bentuk pembayaran penuh atau membayar uang muka saja. Keuntungan yang didapat juga bisa disimpan untuk modal tambahan dalam mengembangkan bisnis.

 

Nah, itu dia cara mendapatkan modal usaha yang bisa Anda coba saat akan memulai usaha. Saat ini, tak perlu bingung karena sudah banyak usaha baik offline atau online yang bisa Anda rintis. Persiapkan segala sesuatu dengan baik agar bisnis yang Anda bangun semakin berkembang sesuai dengan rencana.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *