5 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Menginspirasi Anda

5 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Menginspirasi Anda

Ide bisnis kreatif adalah salah satu poin yang dibutuhkan ketika ingin membuka usaha. Apalagi di zaman ini, banyak tren bisnis yang muncul dengan cepat dan Anda harus peka melihat peluang itu agar inovasi dapat tercipta.

Jika Anda ingin mempertahankan usaha, maka Anda perlu memiliki ide bisnis yang tidak hanya fokus pada kebutuhan konsumen tetapi juga memiliki hal yang berbeda dari para kompetitor. Nah, di artikel ini Anda dapat mengetahui apa saja ide bisnis kreatif yang bisa jadi inspirasi.

 

1. Bisnis Camilan

Ide kreatif pertama yang bisa Anda coba adalah bisnis camilan. Walau terdengar umum dan banyak dilakukan oleh semua orang tetapi akan selalu ada hal baru yang bisa dilakukan agar berbeda dari kompetitor lain.

Dari tahun ke tahun, Anda bisa melihat sudah banyak camilan unik yang sangat populer. Salah satu contohnya adalah camilan dengan rasa telur asin yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir.

Dengan contoh ini, Anda bisa menciptakan ide camilan yang baru dan berbeda dari yang lain. Camilan unik bisa Anda dapatkan dari inovasi makanan yang sudah ada sebelumnya.

 

2. Katering Sehat

Bisnis makanan masih menjadi salah satu bisnis yang bisa diandalkan. Anda bisa mencoba dengan membuka catering sehat yang sedang disukai masyarakat Indonesia. Menu makanan catering sehat biasanya akan disesuaikan dengan gizi pembeli. Misalnya, pembeli ingin melakukan diet mayo maka Anda bisa menawarkan menu dengan kandungan garam yang rendah.

Saat Anda memutuskan untuk membuka catering sehat, Anda perlu memiliki pengetahuan yang dalam tentang kondisi kesehatan pembeli dan gizi makanan yang terkadung di dalamnya. Catering sehat ini sangat populer di kota-kota besar, namun belum terlalu diminati di daerah-daerah lain. Maka dari itu, peluang Anda masih besar ketika ingin membuka usaha ini.

 

3. Desain Case Handphone

Di kalangan anak muda, mempercantik ponsel adalah sebuah kebutuhan. Salah satunya adalah dengan memakai case cantik dan keren. Selain untuk menambah gaya, memakai case juga dapat menjaga ponsel dari benturan.

Walau banyak orang yang menyukai case polos, ada juga yang menyukai case dengan desain unik dan menarik. Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis desain case handphone custom, yang mana gambar atau desain yang dipilih disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Dalam mengembangkan bisnis, Anda bisa menambahkan pilihan bahan case yang disukai. Misalnya menambahkan bahan yang lentur atau keras yang disesuaikan dengan tipe ponsel. Bisnis ini biasa dilakukan dengan cara pre-order. Setelah pembeli memberikan desain, Anda bisa langsung mencetak di bahan case yang dipilih.

 

4. Dropshipper

Mungkin banyak yang belum paham, dropshipper itu apa ya? Dropshipping adalah model bisnis di mana Anda menjual barang dari supplier atau produsen kepada pembeli dengan nama toko Anda. Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu membuat toko atau mengemas produk. Supplier atau produsen lah yang akan melakukan tugas itu dengan nama toko Anda.

Anda bisa juga mematok harga yang lebih tinggi dibandingkan supplier atau produsen. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Modal yang dikeluarkan juga tidak besar, Anda hanya perlu katalog seperti website dan bisa langsung melakukan pemasaran sendiri.

 

5. Sewa Alat Fotografi

Jika Anda suka fotografi dan memiliki alat foto yang lengkap, Anda bisa memulai usaha sewa alat fotografi. Walau sudah banyak orang yang menjalankan bisnis ini, tapi usaha sewa alat foto ini tidak pernah surut.

Banyak anak remaja atau milenial yang ingin meningkatkan skill foto agar tampilan di media sosial mereka bisa terlihat keren. Walau smartphone saat ini sudah bagus dalam mengambil gambar, namun dengan kamera professional akan jauh lebih baik dalam memberikan hasil.

Harga kamera dan alat-alatnya yang mahal, membuat tidak semua orang mampu membelinya. Untuk itu keberadaan sewa alat foto ini jadi salah satu ide bisnis kreatif yang dapat dikembangkan. Di awal, Anda bisa menyewakan alat yang umum digunakan. Lalu seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah alat-alat lain yang lebih mendukung.

 

Nah, itulah ide bisnis kreatif yang dapat menginspirasi Anda dalam membuka bisnis baru. Yang terpenting, tetap semangat dan jangan menyerah.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *