10 Ide Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Saat ini, kita sedang berada di masa sulit, pandemi yang berkepanjangan membuat banyak sektor terdampak terutama sektor ekonomi. Alhasil banyak karyawan yang diberhentikan atau mengalami pemotongan gaji. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mencari ide untuk membuka usaha sampingan agar hidup tetap berjalan.

Bisnis sampingan dapat dilakukan oleh semua orang baik karyawan, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Selama Anda memiliki waktu luang dan ide usaha sampingan yang terencana dengan baik, tidak ada salahnya untuk mencoba mencari penghasilan lain dari usaha sampingan tersebut. Berikut adalah 10 ide usaha sampingan yang dapat Anda lakukan dengan modal yang minim.

 

1. Desain Grafis

Salah satu pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan oleh Anda yang memiliki skill desain secara digital adalah menjadi seorang graphic designer. Hasil kerja yang diberikan tak hanya secara digital tapi juga bisa digunakan untuk media cetak. Jika Anda tidak memiliki skill desain yang cukup, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak melalui buku desain atau tutorial yang ada di YouTube. Lalu, Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw.

 

2. Jual Beli Properti

Menjadi seorang agen properti, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda hanya perlu memiliki skill marketing dan kemampuan dalam bernegosiasi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan properti yang Anda lakukan.

 

3. Translator

Anda menguasai bahasa asing tertentu? Kemampuan ini mungkin dapat Anda manfaatkan sebagai ide usaha sampingan yaitu menjadi penerjemah atau translator. Nyatanya, pekerjaan ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Tak hanya itu, Anda bisa menjadi freelancer translator untuk membantu siapapun yang membutuhkan jasa translator ini.

 

4. Jualan online

Salah satu cara paling mudah mendapatkan biaya tambahan yaitu dengan berjualan online. Pekerjaan sampingan ini dapat menjadi alternatif dengan berjualan pakaian, aksesoris, kue, camilan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga dapat menjadi mitra atau dropshipper dari beberapa supplier terpercaya.

 

5. Copywriter

Ide usaha sampingan yang menjanjikan selanjutnya adalah menjadi seorang copywriter. Bisnis sampingan ini membutuhkan modal yang terbilang minim yaitu kemampuan menulis yang kreatif dan seni dalam memainkan kata-kata. Bila Anda memiliki skill ini maka Anda bisa menawarkan jasa kepada sejumlah perusahaan atau bidang usaha yang membutuhkan copywriter dalam mempromosikan produknya.

 

6. Rias Pengantin

Anda termasuk orang yang jago make up? Nah, salah satu bisnis sampingan ini bisa Anda tekuni yaitu menjadi seorang perias alias make up artist. Peluang usaha ini cukup tinggi karena banyak orang yang masih merencanakan pesta pernikahan dan ingin mendapatkan penampilan yang terbaik di hari spesialnya. Semakin baik Anda merias maka akan semakin banyak klien yang memakai jasa Anda dalam merias wajah.

 

7. Menjual Kue

Jika Anda memiliki keterampilan dalam membuat kue atau camilan, maka Anda bisa menggunakan keterampilan itu untuk menambah pendapatan. Anda dapat membuat kue-kue yang biasa disukai oleh banyak orang seperti brownies, bika ambon, dadar gulung, banana cake, kue bolu, lapis legit, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya itu, kue-kue kering seperti nastar, cookies, putri salju, dan lainnya juga banyak digemari. Anda bisa memulai bisnis sampingan ini dengan menawarkan kepada kerabat terdekat.

 

8. Menjual Pulsa

Ide usaha sampingan yang sudah dilakukan banyak orang adalah menjual pulsa. Walau sekarang membeli pulsa dapat melalui e-wallet dan m-banking, namun tak jarang masih ada yang lebih suka membeli pulsa atau paket data secara offline. Awal penjualan bisa Anda lakukan kepada teman terdekat di sekitar tempat tinggal atau lingkungan kerja.

 

9. Menjual Hampers

Hampers atau bingkisan menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Hampers ini dapat dipesan saat waktu-waktu penting seperti lebaran, hari natal, atau tahun baru. Jenis hampers yang bisa Anda coba juga beragam, mulai yang isinya kue, buah, sampai ke perabotan rumah tangga seperti plate set atau tea set.

 

10. Laundry Kiloan

Di saat seperti ini, banyak orang yang ingin hidup lebih praktis. Maka dari itu, ide bisnis sampingan membuka laundry dapat Anda pilih. Apalagi jika kebetulan lokasi rumah Anda dekat dengan perkantoran atau kampus. Pasti ini akan mempermudah para mahasiswa dan pekerja kantor yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

 

Itulah 10 ide usaha sampingan yang dapat Anda lakukan dalam menambah penghasilan di tengah masa pandemi ini. Apakah Anda sudah tahu ingin membuka usaha sampingan apa?

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *